IDENTITAS AND BRENDING
Identitas
dan branding
Orang-orang
cenderung menggunakan 'identitas' syarat dan 'Branding' bergantian, tetapi
mereka mengacu pada dua konsep yang berbeda. Identitas adalah jumlah dari kualitas
yang identik dengan tingkat pelayanan
dari sebuah organisasi. Branding adalah proses dimana identitas ini diberi ekspresi visual. Desain brand adalah pendekatan kreatif dan pragmatis yang berfokus pada kebutuhan klien di berbagai bidang seperti identitas, komunikasi pemasaran, lingkungan, merek produk, kemasan, dan desain website. Seorang desainer menggunakan brand desain dan pemikiran strategis untuk membantu perusahaan untuk menemukan identitas brand yang tepat yang akan membantu mereka berhasil dalam pasar yang kompetitif. Dan tugas yang sedang berlangsung dari desainer brand adalah untuk memastikan brand tetap segar dan efektif.
dari sebuah organisasi. Branding adalah proses dimana identitas ini diberi ekspresi visual. Desain brand adalah pendekatan kreatif dan pragmatis yang berfokus pada kebutuhan klien di berbagai bidang seperti identitas, komunikasi pemasaran, lingkungan, merek produk, kemasan, dan desain website. Seorang desainer menggunakan brand desain dan pemikiran strategis untuk membantu perusahaan untuk menemukan identitas brand yang tepat yang akan membantu mereka berhasil dalam pasar yang kompetitif. Dan tugas yang sedang berlangsung dari desainer brand adalah untuk memastikan brand tetap segar dan efektif.
Kondisi pasar saat ini membuat seseorang dihadapkan
pada pilihan produk yang semakin beragam. Keberagaman ini meminta dari seorang
pengusaha memiliki IDENTITAS BRAND yang akan membuat proses pemilihan produk
menjadi lebih mudah karena membantu masyarakat untuk memutuskan produk mana
yang paling sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, agar sukses, sebuah brand
harus melakukan DIFERENSIASI dan menunjukkan bahwa brand tersebut berbeda dan
lebih baik dibanding brand pesaing. Sering strategi diferensiasi yang dilakukan
masih menggunakan cara-cara tradisional. Di samping itu, produk-produk yang
dipositioningkan sebagai (brand life
style) sudah
kehilangan daya tarik lagi
Apakah sebenarnya Brand itu? Merk atau apa? apa yang orang lain lihat dengan mata, apa yang orang lain dengar dengan telinga, lalu apa yang ia lihat dan dengar itu dikatakan terus-menerus hingga membekas dihati itulah brand. Lalu bagaimana Anda menciptakan brand dan menilai brand Anda sendiri? Pertanyaan lebih lanjut dari mana Anda mengetahui penilaian itu?
Untuk menciptakan sebuah brand tentunya Anda harus mengenal situasi pasar di sekitar Anda, misalnya: siapa kompetitor Anda, bagaimana harga yang akan ditawarkan, apakah punya daya saing yang cukup ketat, dan banyak hal-hal yang perlu Anda kenali.
Selanjutnya yang tidak kalah penting, fungsi marketing. Tiga hal yang harus dipahami di dalam marketing adalah: mendapatkan custumer, mempertahankan costumer, dan meningkatkan penjualan ke costumer. Selain itu adalah modifikasi diantara ketiga fungsi tersebut. Tujuan utama meningkatkan nilai bagi anggota adalah untuk Loyalitas/kesetiaan costumer. Indikator dari loyalitas/kesetiaan costumer yaitu:
Apakah sebenarnya Brand itu? Merk atau apa? apa yang orang lain lihat dengan mata, apa yang orang lain dengar dengan telinga, lalu apa yang ia lihat dan dengar itu dikatakan terus-menerus hingga membekas dihati itulah brand. Lalu bagaimana Anda menciptakan brand dan menilai brand Anda sendiri? Pertanyaan lebih lanjut dari mana Anda mengetahui penilaian itu?
Untuk menciptakan sebuah brand tentunya Anda harus mengenal situasi pasar di sekitar Anda, misalnya: siapa kompetitor Anda, bagaimana harga yang akan ditawarkan, apakah punya daya saing yang cukup ketat, dan banyak hal-hal yang perlu Anda kenali.
Selanjutnya yang tidak kalah penting, fungsi marketing. Tiga hal yang harus dipahami di dalam marketing adalah: mendapatkan custumer, mempertahankan costumer, dan meningkatkan penjualan ke costumer. Selain itu adalah modifikasi diantara ketiga fungsi tersebut. Tujuan utama meningkatkan nilai bagi anggota adalah untuk Loyalitas/kesetiaan costumer. Indikator dari loyalitas/kesetiaan costumer yaitu:
1customer
menunjukkan komitmen dalam tindakannya seperti senang menggunakan produk Anda,
memberi masukan/usulan yang membangun.
2
memperlihatkan komitment psikologis seperti tidak akan terlintas untuk
memutuskan hubungan atau menggunakan produk perusahaan lain, mempunyai sikap
yang positif terhadap terhadap perusahaan itu.
BrandBerbagai bidang memandang brand dari sudut pandangnya masing-masing, antara lain: bisnis dan keuangan, marketing, advertising, sales, promotion, public relation, komunikasi, desain grafis, semiotic, psikologi, statistik, antropologi, sosiologi, dan lain-lain.
Di masyarakat umum, brand secara populer dianggap sama dengan logo, merek, atau nama enitas. Semua bersifat fisik semata. Padahal sebenarnya brand lebih merupakan rangkuman pengalaman dan asosiasi terhadap sebuah enititas, jadi jauh lebih dalam dari sekedar fisik saja.
Sedangkan branding adalah kegiatan membangun sebuah brand. Membuat identitas, termasuk logo, merupakan salah satu kegiatan branding.
Logotype
Asal kata logo dari bahasa Yunani, yaitu “logos”. Yang berarti kata, pikiran, pembicaraan, akal budi. Pada awalnya yang lebih dulu populer adalah istilah logotype, bukan logo.
Asal kata logo dari bahasa Yunani, yaitu “logos”. Yang berarti kata, pikiran, pembicaraan, akal budi. Pada awalnya yang lebih dulu populer adalah istilah logotype, bukan logo.
Pertama kali istilah logotype muncul tahun 1810 –
1840, diartikan sebagai: tulisan nama entitas yang di desain secara khusus denan
menggunakan teknik lettering atau memakai jenis huruf tertentu. Jadi awalnya
logotype adalah elemen tulisan saja.
Pada perkembangannya orang membuatnya makin unik /
berbeda satu sama lain. Mereka mengolah huruf itu, menambahkan elemen gambar,
bahkan tulisan dan gambar berbaur jadi satu, dan semua itu masih banyak yang
menyebutnya dengan istilah logotype.
Fungsi:
1. Identitas diri. Untuk membedakan dengan indentitas milik orang lain.
2. Tanda kepemilikan. Untuk membedakan miliknya dengan milik orang lain.
3. Tanda jaminan kualitas.
4. Mencegah peniruan / pembajakan.
Logo
Logo adalah penyingkatan dari logotype. Istilah logo baru muncul tahun 1937 dan kini istilah logo lebih populer daripada logotype. Logo bisa menggunakan elemen apa saja: tulisan, logogram, gambar, illustrasi, dan lain-lain.
Banyak yang mengatakan logo adalah elemen gambar / simbol pada identitas visual. Untuk mengetahui apa itu logo, sebaiknya mengacu pada istilah logotype diatas.
1. Identitas diri. Untuk membedakan dengan indentitas milik orang lain.
2. Tanda kepemilikan. Untuk membedakan miliknya dengan milik orang lain.
3. Tanda jaminan kualitas.
4. Mencegah peniruan / pembajakan.
Logo
Logo adalah penyingkatan dari logotype. Istilah logo baru muncul tahun 1937 dan kini istilah logo lebih populer daripada logotype. Logo bisa menggunakan elemen apa saja: tulisan, logogram, gambar, illustrasi, dan lain-lain.
Banyak yang mengatakan logo adalah elemen gambar / simbol pada identitas visual. Untuk mengetahui apa itu logo, sebaiknya mengacu pada istilah logotype diatas.
Logo dan Brand
Brand memiliki makna yang jauh lebih dalam dan luas daripada logo. Logo berbentuk benda fisik yang bisa dilihat, sedangkan brand mencakup keseluruhannya, baik yang fisik, non-fisik, pengalaman dan asosiasi.
Seumpama manusia:
- Logo adalah wajahnya.
- Identitas adalah penampilan fisiknya (termasuk logo), komunikasi dan perilakunya.
- Brand adalah keseluruhan manusia itu, jiwa dan raganya (termasuk identitas, otomatis termasuk logo juga). Brand merupakan rangkuman nilai-nilai esensial dari enitas.
Visual identitas
Desain brand identitas harus sanggup memperhatikan aspek-aspek visual dari sebuah perusahaan atau brand sebagai organisasi atau identitas. Sebuah desain identitas brand adalah elemen visual yang mewakili bagaimana sebuah perusahaan ingin dilihat. Hal ini merupakan identitas visual perusahaan, dan bagaimana perusahaan menggambarkan identitas brand perusahaan dapat diwakili dari sisi desain melalui keunikan ‘gambar.’ logo, atau signage, dan kemudian diintegrasikan ke seluruh elemen perusahaan seperti kartu nama, alat tulis, kemasan, media iklan, promosi, dan banyak lagi. Sebuah desain brand yang efektif juga tidak pernah statis, melainkan mengintrepertasikan sebuah brand perusahaan yang senantiasa berkembang. Ini adalah modernisasi gambar visual dari waktu ke waktu dalam hal logo, tagline, tipografi, palet warna, desain, dll, tapi masih tetap dekat dengan esensi brand tersebut. Untuk menjaga konsistensi dalam nilai-nilai dan tujuan perusahaan, tetapi juga berkembang dengan tren dalam desain, banyak organisasi akan memberikan tugas ke sebuah perusahaan brand identitas. Tugas desainer brand adalah untuk memberikan cara-cara baru atau inovasi-inovasi untuk menggabungkan kata-kata dan gambar untuk mengekspresikan pesan utama dari sebuah perusahaan
Referensi Sumber = Design Map:Design Graphic Basic
Read more at: http://gantengingw.blogspot.com/2012/12/warna_7998.html?showComment=1354630024819#c5072136292275060489
Di Mohon Buat Sobat Yang Sudah Mengcopy Paste Artikel Ini Tolong Di Cantumkan SumberNya Dan Asal Muasal Artikel Ini, Thanks...
Read more at: http://gantengingw.blogspot.com/2012/12/warna_7998.html?showComment=1354630024819#c5072136292275060489
Di Mohon Buat Sobat Yang Sudah Mengcopy Paste Artikel Ini Tolong Di Cantumkan SumberNya Dan Asal Muasal Artikel Ini, Thanks...
Referensi Sumber = Design Map:Design Graphic Basic
Read more at: http://gantengingw.blogspot.com/2012/12/warna_7998.html?showComment=1354630024819#c5072136292275060489
Di Mohon Buat Sobat Yang Sudah Mengcopy Paste Artikel Ini Tolong Di Cantumkan SumberNya Dan Asal Muasal Artikel Ini, Thanks...
Read more at: http://gantengingw.blogspot.com/2012/12/warna_7998.html?showComment=1354630024819#c5072136292275060489
Di Mohon Buat Sobat Yang Sudah Mengcopy Paste Artikel Ini Tolong Di Cantumkan SumberNya Dan Asal Muasal Artikel Ini, Thanks...
Revisi Sumber: The Fundamentals of Graphic Design,Gavin Ambrose + Paul Harris
http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2010/03/19/are-you-branded/
http://www.berita-bisnis.com/kolom/407-ingatlah-logo-cuma-wajah-suatu-brand.html
Komentar
Posting Komentar